Rabu, 13 Mei 2009

Senator AS Pertanyakan Keamanan Warga Papua


Militerisme

Senator AS Pertanyakan Keamanan Warga Papua
By Kompas
Feb 24, 2006, 15:10

Laporan : Glori K. Wadrianto
Jakarta, KCM

Amerika Serikat (AS) mendukung sepenuhnya keberadaan Papua dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, AS mempertanyakan apakah rakyat di wilayah Papua dapat hidup aman dan terbebas dari kemungkinan kekerasan dari pihak militer atau milisi.

Pernyataan ini dikemukakan Senator AS Russ Feingold kepada wartawan usai menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/2).

"Saya sangat mendukung dan saya percaya pemerintah kami pun mendukung integritas teritorial Indonesia, itu tidak perlu dipertanyakan, yang menjadi pertanyaan apakah rakyat di wilayah tersebut dapat hidup nyaman dan memperoleh perlindungan dari kemungkinan kekerasan dari militer maupun pihak lainnya," kata Feingold.

Dalam pertemuan dengan Presiden Susilo, Feingold mengaku mendapatkan penjelasan dari seputar permasalahan Aceh, Papua, rekonstruksi ekonomi dan reformasi militer. Feingold mengaku gembira dengan reformasi yang dilakukan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Apalagi, TNI kini tidak terlibat dalam permasalahan sipil.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda